APLIKASI PENGOLAH KATA
(MICROSOFT WORD)
A.
PENGERTIAN
Microsoft Word adalah program aplikasi
pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan,
dokumen berbentuk surat kabar, label surat dan membuat tabel pada dokumen.
B.
FUNGSI
MICROSOFT WORD
1.
Membuat
surat, bentuk resmi atau tidak resmi
2.
Membuat
skripsi, karya tulis atau makalah
3.
Membuat
tabel dan grafik
4.
Membuat
gambar-gambar yang menarik
5.
Membuat
laporan dan lain sebagainya
C. MENGOPERASIKAN
MICROSOFT WORD
1. Membuka
Microsoft Word
Untuk membuka microsoft word ada dua
cara yaitu :
a.
Double
Click icon Microsoft Word pada desktop
b.
Click
Start → Programs → Microsoft Office → Microsoft Word 2007
2.
Membuat
Dokumen Baru
a.
Click
icon atau tekan Alt+F → New → Blank Document
b.
Tekan
Ctrl+N pada keyboard otomatisasi kantor
3.
Membuka
File yang sudah tersimpan
a.
Click
icon atau tekan Alt+F → Open
b.
Tekan
Ctrl+O pada keyboard otomatisasi kantor
4.
Menyimpan
Dokumen
a.
Click
icon atau tekan Alt+F → Save As
b.
Tekan
Ctrl+S pada keyboard otomatisasi kantor
5.
Menutup
File Dokumen
a.
Click
icon atau tekan Alt+F → Close
b.
Klik
icon (x) pada ribbon
6.
Menutup
Jendela Microsoft Word
a.
Click
icon (x) atau tekan Alt+F → Exit Word
b.
Click
(x) pada kanan atas dari jendela Microsoft Word
7.
Mengedit
Teks
a. Tekan
tombol BACKSPACE pada keyboard untuk menghapus satu karakter di kiri titik
sisip
b. Tekan
tombol DELETE pada keyboard untuk menghapus karakter di kanan titik sisip
c.
Tekan
Ctrl+Y pada keyboard untuk melakukan pengulangan teks (repeat)
d.
Tekan
Ctrl+Z pada keyboard untuk menghapus teks
e.
Untuk
pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraph, tekan tombol
Shift+Enter
8.
Mengopy
Teks
a.
Block
teks yang akan dicopy
b.
Click
icon copy pada ribbon
c.
Click
icon paste pada ribbon
Ada juga cara lain yang bisa digunakan
yaitu tekan Ctrl+C untuk mengcopy dan tekan Ctrl+V untuk paste
9.
Membuat
Tabel
a. Klik
menu Insert pada ribbon
b. Pilih icon table
kemudian Insert Table
D. PENGATURAN
HURUF (FONT)
Penampilan huruf-huruf dapat diatur
menjadi sesuatu yang menarik dengan memberikan format sesuai selera. Jenis
format huruf meliputi :
a.
Pengaturan
jenis huruf : Arial, Times New Roman, Calibri, dll
b.
Font
Style : Reguler (Biasa), Bold (Tebal), Italic (Miring), Bold Italic (Miring
tebal)
c.
Font
Size : 10pt, 12pt, 14pt, 16pt, dst (ukuran normal : 12pt)
d.
Underline
: Single, Double, Word Only, Dotted, Dash, dll
e.
Font
Color : warna huruf (hasil cetak berefek pada printer berwarna)
d. Efek huruf :
Strikethrough (Coret), Superscript (X2), Subscript (CO2),
dll
E.
MEMBUAT
FORMAT TEKS
a.
Block
teks yang akan diformat, kemudian atur formatnya sesuai keinginan
b. Tempatkan kursor pada
posisi awal kemudian mengatur formatnya. Dengan cara ini semua teks yang
diketik mulai dari posisi awal akan mengikuti format yang dipilih sampai
perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.
F.
MEMBUAT
MAIL MERGE
Mail Merge adalah kegiatan memberikan
alamat otomatis pada surat
Langkah nya yaitu :
Mailings → Select
Recipients → Use an existing list → Data excel → Open → OK → Insert merge field
F.
MENCETAK
FILE DOKUMEN
Mencetak file dokumen bertujuan untuk
membuat arsip dalam bentuk hard copy sehingga komputer mengalami masalah, maka
kita masih mempunyai hasil cetakan dari kerjaan kita dalam bentuk lembar
kertas.
Langkah-langkahnya yaitu :
a.
Buka
lembar kerja ms word yang akan dicetak
b.
Klik
office button pada bagian pojok kiri atas sehingga akan muncul popup menu,
kemudian pilih print atau klik Ctrl+P untuk mencetak dokumen
c.
Langkah
selanjutnya adalah munculnya jendela print. Pada jendela ini aka n ada beberapa
pilihan dan konfigurasi yang harus dilakukan sebelum mencetak dokumen
d.
Pada
pilihan printer name : terdapat pilihan printer yang akan digunakan untuk
mencetak lembar kerja, pada pilihan ini sesuaikan dengan printer yang sedang
digunakan
e.
Page
range adalah pilihan untuk mencetak dokumen yang meliputi : all yang artinya
semua dokumen yang ada pada lembar kerja akan dicetak secara keseluruhan.
Current page artinya dokumen yang akan dicetak merupakan dokumen pilihan kita
dimana pointer mouse diletakkan. Pages berfungsi untuk mencetak dokumen sesuai
dengan halaman yang dipilih.
f. Menu
copies adalah pengaturan untuk mengatur jumlah copian yang akan dicetak
g. Klik OK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar